Wednesday, September 23, 2020

[BERITA MOBIL] BMW M3 & M4 2021: Muka Baru, Mesin Baru

 


ITU APA?!!

Tenang dulu, jangan panik, ini BMW M3 dan M4 baru, yang akhirnya didatangkan pihak BMW Indonesia lewat launching online tanggal 30 Juni 2021.

Mulutnya kesengat lebah apa gimana sih?

Yaaaaa... ini muka baru BMW M3 dan M4, jadi terimakan saja dulu tapi tolong biar kita jelasin dulu

Hhhhh oke oke. Ini M3 sama M4 baru?

 


Yes. Perkenalkan M3 dan M4 baru, dengan wajah... baru, mesin baru, gearbox baru, dan opsi drivetrain baru. Pada dasarnya, semua yang kalian lihat ini baru dari dasar. Dan ini mobil yang penting buat BMW M, karena nama M3 udah jadi menu utama buat BMW, macem 911 buat Porsche atau Mustang buat Ford. Jadi BMW ga bisa sembarangan dengan M3 dan M4.

Tapi... mukanya...


Iya, iya, kami tahu kalian agak kaget dengan muka baru ini. Tapi bukan pertama kali BMW pake grille gede vertikal kayak begini.


Ini sportscar pertama BMW, namanya 328. Lihat grille-nya? Gede dan vertikal kan? Jadi bukan pertama kali BMW pake grille vertikal begini. Atau kalau kalian mau yang rada modern, silakan liat 3.0 CSL ini...


... Dan M3 E30 ini...


 ... Dan 328 Hommage Concept ini...


Lalu kalian putuskan dari mana datangnya grille ini. Kontroversial? Jelas. Tapi ga menghormati sejarah BMW? Ohohoho tidak sama sekali.

Iya sih... tapi di balik kulitnya gimana?

Nah, lebih menarik lagi, walopun di Indonesia kamu cuma bisa beli M3 ama M4 Competition. Dua-duanya pake mesin S58 3-liter 6-cylinder twin turbo baru dengan 503 hp dan 648Nm, dipasangin ke sistem 4WD M xDrive pake gearbox 8-percepatan otomatis, kayak di M5 Competition. Kombinasi tadi bikin M3 dan M4 Competition bisa ngebut ke 100kph dalam 3.8 detik dengan top speed 250kph (electronically limited), tapi kalo kalian ambil M Drivers Package, top speed-nya naik ke angka 290kph. Versi xDrive datang awal tahun ini dengan sistem AWD yang sama kayak di M5 Competition, tapi versi ini ngga dimasukin ke Indonesia.


Sebentar. Berarti ada yang non-Competition?

Yes, dan ini lumayan menarik sebenernya. Mesinnya sama, tapi dikurangi tenaganya ke angka 479hp dan 550Nm. Dan, M3 sama M4 standar ini cuma ada versi RWD. Lebih seru lagi, ada gearbox 6-percepatan manual standar. Yaaaaa waktu akselerasinya lebih lambat sih, tapi hidup ga cuma dari akselerasi. Tapi ya itu tadi, pasar Indonesia ga kebagian yang non-Competition. Ngga masalah sih, ga ada manual tapi mesin OP.

 


Oke, kayaknya menarik. Tapi masa iya cuma mesin baru...

Ga cuma mesin baru, chassis-nya juga dibikin lebih kaku, dan suspensinya juga lebih kompleks dari 3-series dan 4-series standar. Di depan ada set-up double wishbone dengan per double-joint. Ya, kami juga bingung sistemnya gimana. Di belakang ada set-up multi-link dengan control arms. Ya, masih tetep bingung juga. Tapi baik depan maupun belakang, semuanya dapet peredam adaptif yang bisa kalian atur tingkat peredamannya lewat sistem iDrive, yang sekarang punya sesuatu yang namanya M Drive Professional.

Eh?

M Drive Professional ini modul baru di dalam iDrive yang bisa kalian pake untuk semua set-up mobil kalian yang berhubungan sama chassis, mesin, gearbox, setir, dan rem (ya, bahkan tingkat respons pedal rem juga bisa kalian atur). Di generasi M3 dan M4 sebelumnya, kalian sebetulnya juga sudah bisa ngatur mesin dan segala hal lainnya, tapi di generasi G80/82 ini ada dua hal tambahan, yaitu M Drift Analyzer dan M Traction Control. Drift Analyzer ini sebenernya cuma ngitung sudut yaw mobil kalian kalo oversteer, jadi antara kalian bisa analisis seberapa parah kalian ngaco pas di trek... atau adu sombong sama temen kalian yang juga pake M3 ato M4. Sementara itu, M Traction Control ini punya 10 pengaturan, jadi kalian bisa atur seberapa jagonya atau seberapa bodohnya kalian di trek. Takut pusing ngaturnya? Tenang aja, kalau ga mau pusing, set-up favorit kalian bisa kalian simpen di tombol M1 atau M2 seperti biasa.


Hmmmmm... Ada yang menarik lagi?

Sekarang selain M Driver’s Package, kalian juga bisa dapet yang namanya M Track Package, di mana kalian bisa dapetin semua opsi buat meningkatkan skill kalian (atau, lebih tepatnya, kemampuan mobil kalian), termasuk bucket seat carbon Recaro, rem carbon-ceramic, wheel 19/20-inch, dan interior trim carbon. 

 


Mau lebih gila lagi? M Performance Parts punya banyak parts carbon fiber kayak front splitter, side skirt, diffuser dan wing belakang... plus exhaust titanium dengan center-exit pipes. Anggep aja jadi mini-M4 GT3. Ato anggep M4 GTS-lite. Belom liat review M4 GTS kita? Langsung ke YouTube kita aja!

 


Oke, kayaknya bakal mahal ya.

Ehhhh... sejak kapan BMW M ada yang murah? BMW Indonesia sudah ngasih harga Rp. 2.34 miliar buat M3 Competition dan Rp. 2.406 miliar buat M4 Competition. Nah, kalo pengen lebih spesial lagi BMW Indonesia juga masukin M3 & M4 Competition Individual yang bakal dapet opsi BMW Individual, tapi slot-nya limited dan harganya ada di angka Rp. 2.6-2.66 miliar (on the road). 


Ya, ga murah sih, tapi harus kalian ingat bahwa ini bukan sekedar BMW 320d yang dikasih badge M. Ini produk motorsport, dikembangin langsung bareng versi balap M4 GT3, dan semua hal yang BMW pelajari di kelas GT3, GT4, dan bahkan di kelas GTE di World Endurance Championship dipakai untuk bikin mobil yang sesuai sama tagline BMW. Ultimate Driving Pleasure. 

Spec sheets:

BMW M3 & M4 COMPETITION

Mesin: BMW S58 3-liter 6-cylinder Twin Turbo
Power: 510hp @ 6250rpm
Torque: 648Nm @ 2750-5500rpm
Gearbox: 8-speed M Steptronic automatic
0-100kph: 3.9 detik
Top speed: 250kph (limited)
Efficiency: 7.6km/liter
Emission: ... Really? You want to know?

Harga: Rp. 2.338 miliar (M3 Competition, on-the-road), Rp 2.406 miliar (M4 Competition, on-the-road)
Rp. 2.6 miliar (M3 Competition Individual, off-the-road), Rp 2.66 miliar (M4 Competition Individual, off-the-road)

Photos from BMW M & BMW Indonesia

 
 

 

 


No comments:

Post a Comment