Ummmm… Kalian udah review Mini GP, ini Mini apa lagi?
Ini Mini Paddy Hopkirk Edition.
… Eh? Mini siapa?
Oke, oke, mungkin kalian ga terlalu familiar sama nama Paddy Hopkirk. Tapi buat penggemar Mini dan penggemar reli, Paddy jadi nama yang udah dikenal banget. Patrick ‘Paddy’ Hopkirk jadi pereli pertama yang bawa Mini menang Rally Monte Carlo di tahun 1964, kemenangan pertama dari 3 kemenangan Mini di Rally Monte Carlo.
Uhhhhh emang kenapa spesial banget menang di Monte Carlo?
Rally Monte Carlo mungkin bukan event yang sesusah Rally Safari atau Argentina kalo soal bentukan lintasan karena diadain di jalan. Tapi karena diadain di awal tahun, kondisi jalanan jadi tantangan yang susah apalagi buat mobil FWD, karena gabungan es, salju sama jalanan pegunungan licin plus jalanan di pegunungan Prancis yang sempit bakal ngerepotin banyak mobil. Tapi ngelawan mobil macem Ford Falcon, Mini yang chassis-nya kecil punya banyak keuntungan di jalanan pegunungan licin kayak di Monte Carlo.
Lebih seru lagi, menangnya ini bukan cuma kebetulan sekali aja, karena di tangan Timo Makinen (ngga berhubungan sama Tommi Makinen) sama Rauno Aaltonen, Mini menang lagi di tahun 1965 dan 1967. Ya sebenernya tahun 1966 mereka finish 1-2-3 tapi didiskualifikasi bareng sama satu Ford Cortina… karena masalah lampu. Tapi itu cerita buat nanti.
Oke, ceritanya menarik. Jadi… Mini Paddy Hopkirk Edition ini apa?
Mini Paddy Hopkirk Edition ini pada dasarnya yaaa tribute buat Paddy Hopkirk dan Mini merah no. 37 yang dia bawa buat menang Rally Monte Carlo di tahun 1964. Di luar negeri ada 3 rasa buat Mini Paddy Hopkirk Edition, yaitu yang basisnya Cooper S 3-door sama 5-door, plus yang basisnya Mini John Cooper Works. Untuk pasar Indonesia, 10 unit yang bakal masuk semuanya dalam bentuk Cooper S 5-door.
Hmmmm bedanya apa sama Mini Cooper S 5-door biasa?
Kalo isian sih ga beda, masih pake mesin 2-liter BMW B48 4-silinder turbo 192hp dan 280Nm, dipasangin ke gearbox 7-speed DCT. Ga keliatan gede, tapi di mobil segede sepatu kayak Mini sih cukup buat 0-100kph dalam 6.8 detik plus top speed 238kph. Tapi buat Mini Paddy Hopkirk Edition, semuanya punya tampilan yang sama. Exterior warna Chili Red plus atap putih, wheel John Cooper Works hitam dan aksen hitam buat bagian exterior kayak intake, door handle, ama headlight/taillight surrounds.
Errrrr… soal nomernya…
Oh iya. Nomer 37. Itu nomer start-nya Paddy Hopkirk waktu dia menang Rally Monte Carlo. Dan sebagai bonus, di bonnet stripe-nya ada nomer registrasi 33EJB. Itu nomer registrasi Mini yang dipake Hopkirk. Nah, karena ini edisi khusus untuk legenda Mini (dan salah satu legenda reli Inggris), semua Mini Paddy Hopkirk Edition dibonusin tanda tangan Paddy Hopkirk di bonnet stripe, di pintu bagasi, sama di dashboard.
Agak… cheesy ga sih?
Ya kamu bilang cheesy begitu ngga beda sama kalo bilang Ferrari 599 GTB 60F1 juga cheesy. Ayolah, sekali-kali bikin tribute buat legenda ga ada salahnya kok. Lagian juga ini kan Mini, dan yang namanya Mini image-nya fun buat seru-seruan. Agak flashy begini gapapa lah ya.
Hmmmm oke oke… Nah kalo mau beli gimana?
Mau beli? Cepetan gerak. Informasi dari Comm. Director BMW
Group Indonesia, Jodie O’Tania, bilang kalo cuma bakal ada 10 unit Mini Paddy
Hopkirk Edition yang dibawa ke Indonesia dari total 100 unit yang bakal
dibikin. Eh, 99 ding. Soalnya Paddy Hopkirk sendiri udah dapet satu unit
langsung dikirim. Soal harga sih… Mini Paddy Hopkirk Edition bisa kalian beli
kalo kalian nyediain Rp. 835juta (off-the-road). Yaaaa mahal sih, tapi kadang
yang namanya heritage sama exclusivity ga bisa kalian nilai dengan uang. Jadi…
ada di antara kalian yang pengen ngerasain jadi pembalap reli pake Mini tapi di
jalanan Ciwidey?
Spec sheets:
MINI COOPER S PADDY HOPKIRK EDITION 5-DOOR
Mesin: BMW B48 2-liter 4-cylinder TwinPower Turbo
Power: 192hp @ 5000-6000rpm
Torque: 280Nm @ 1350-4200rpm
Gearbox: 7-speed Steptronic DCT
0-100kph: 6.8 detik
Top speed: 238kph
Efficiency: 17.9km/liter
Emission: 130g CO2/km
Harga: Rp. 835 juta (off-the-road)
No comments:
Post a Comment